Kamis, September 11, 2008

Sholat dan Dzikir selama Berhaji/Umroh

Perjalanan ibadah haji adalah perjalanan spiritual, perjalanan sakral yang harus dimaknai sebagai upaya dalam mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Seluruh aktifitas yang dilakukan merupakan rangkaian ibadah yang harus diupayakan dengan sangat kuat dan sungguh-sungguh dengan berharap Ridho dari Allah SWT. Untuk menjaga rasa sambung dengan Allah SWT maka kita harus memulainya dengan benar dan tertib cara Berwudlu, Sholat dan Dzikir yang sesuai dengan tuntunan Rasullulah SAW.

Selama berada berada di Tanah Suci jangan lupa untuk mengerjakan Sholat-sholat Sunah antara lain :

1. Sholat Rawatib
2. Sholat Dhuha
3. Sholat Tahiyyatul Masjid
4. Sholat Tahajjud
5. Sholat Tasbih
6. Sholat Taubat
7. Sholat Hajat

Satu hal lagi, yaitu Sholat Jenazah. Pelajari dengan baik Sholat Jenazah karena saat kita berada di Tanah Suci terutama saat di Masjidil Haram kita hampir selalu melakukan Sholat Jenazah setelah Sholat Fardhu. Dalam beberapa kesempatan Saya sempat menghitung jumlah jenazah yang dibawa keluar Masjid setelah selesai di sholatkan, rata-rata 3 jenazah dan akan bertambah pada puncak haji hingga 10 jenazah perhari.

Baca Al-Qur'an dan perbanyak dzikir disetiap kesempatan. Di Masjid Nabawi (Madina) dan di Masjidil Haram (Makkah) terdapat banyak sekali Al-Qur'an, hampir disetiap tiang terdapat rak-rak Al-Qur'an yang tersusun rapi dalam berbagai ukuran. Al-Qur'an ini tidak boleh dibawa pulang, hanya boleh dibaca ditempat. Untuk mempermudah pemberian tanda batas bacaan sebaiknya kita membawa Al-Qur'an sendiri.

Lakukan sujud syukur setiap kita tiba disuatu tempat, ini akan memberikan dorongan bathin yang sangat luar biasa. Ini akan menambah spirit dalam setiap langkah kita dalam beribadah.

Tidak ada komentar: