Kamis, November 20, 2008

Tiga Hari Menjelang ARMINA

Tiga hari menjelang ARMINA (Arafah Mina) berarti tanggal 4 Dzul Hijjah seluruh armada bis sudah ditarik dari Mekkah dan dikumpulkan di Arafah. Bis-bis ini akan diatur lagi di Arafah untuk keperluan transportasi saat pelaksanaan Haji pada tanggal 8 hingga 13 Dzul Hijjah. Dengan demikian selama 3 hari menjelang hari Armina para jama'ah tidak lagi dapat menggunakan transportasi Bis Gratis dari pemondokan ke Masjidil Haram demikian pula sebaliknya. Tidak sedikit para jama'ah yang berjalan kaki atau naik taxi untuk menuju Masjidil Haram. Jika naik taxi dari Aziziah taripnya 10 real/orang, kalau dari tempat lain penulis tidak mengetahuinya dengan pasti tetapi menurut informasi rata-rata para sopir taxi mematok tarip 10 real/orang.

Klik Read More untuk melihat dokumentasinya.


Para Jama'ah antri menunggu Bis untuk menuju Masjidil Haram. Suasana seperti ini terjadi hampir setiap waktu hingga 3 hari menjelang hari Armina, antrian semakin padat saat mendekati waktu sholat fardlu. Lokasi : Aziziah

Suasana H-3 di terminal Bis Aziziah. Sepi dan tidak ada transportasi Bis menuju Masjidil Haram karena seluruh Bis ditarik ke Arafah untuk persiapan Puncak Haji.

Tidak sedikit para jama'ah yang sudah memulai perjalanan (H-3) menuju Arafah dengan berjalan kaki dari Mekkah. Sebagian besar jama'ah menunggu angkutan Bis untuk menuju Arafah. Lokasi : Terowongan Aziziah.

Suasana Perjalanan menuju Arafah dilihat dari Pemondokan di Aziziah. Berikut saat para jama'ah saat istirahat sejenak di Aziziah untuk sarapan pagi sebelum melanjutkan perjalanan (jalan kaki) menuju Arafah.








Persiapan Menuju Arafah, menunggu Bis angkutan.

Tidak ada komentar: