Minggu, Agustus 30, 2009

Masjid Nabawi, Masjid Nabi yang tak Pernah Sepi


Nabawi, demikian nama masjid ini. Berada di jantung kota Madinah, masjid ini menjadi tujuan para jemaah haji, selain Masjidil Haram tentunya. Shalat di Masjid Nabawi memiliki Nilai yang sangat tinggi. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW : " Shalat di Masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama 1000 kali dibanding shalat di Masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram." (HR. Ahmad, Ibnu Huzaimah, dan Hakim). Karena itu, begitu tiba di Madinah, jemaah Haji disarankan untuk memperbanyak ibadah di Masjid ini.

Secara fisik, Masjid Nabawi adalah sebuah bangunan yang sangat megah dan cantik. Beberapa kubahnya bahkan bisa digeser sehingga kerap membuat heran jemaah yang baru shalat di sini. Tak hanya indah, masjid ini juga memiliki beberapa tempat favorit yang selalu "diburu" para jemaah. Tempat-tempat favorit itu antara lain : Raudhah dan Makam Rasullulah.

Makam Rasullulah terletak di dalam Masjid, tepatnya disebelah kiri mimbar, di bawah kubah hijau (green dome). Makam ini dikelilingi dinding dengan pintu berlapis emas. Nah, para askar selalu berjaga-jaga di depan pintu. Selain Makam Rasullulah, dalam ruangan ini terdapat pula dua makam Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar Shiddiq dan Umar bin Khattab.

Memang, Ziarah ke makam Rasullulah tidak termasuk Rukun Ibadah Haji. Hanya saja, sayang sekali kalau kita sudah berada di Makkah, namun tidak menyempatkan diri datang ke Masjid Nabawi di Madinah, lalu berziarah ke makam Rasullulah.

Nah, tak jauh dari makam Rasullulah terdapat Raudhah. Raudhah artinya Taman. Disitulah dulu Nabi biasa membacakan wahyu dan mengajarkan Islam di depan para sahabat dekatnya. Mengingat besarnya makna tempat ini, Nabi pernah bersabda : " Antara kamarku dan Mimbarku terletak satu bagian dari taman surga."

Memahami sabda tersebut, sejumlah ulama menyakini, Raudhah adalah benar-benar sebagian dari taman surga yang ada di dunia ini. Ketika hari kiamat tiba, menurut para ulama itutempat ini akan dipindahkan oleh Allah ke Surga. Diyakini pula, Raudhah merupakan tempat yang sangat Mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Mengingat hal ini, tidak mengherankan jika kini umat Islam dari seluruh penjuru dunia berebut untuk menikmati bagian dari taman surga itu. Akibatnya, tempat ini selalu penuh sesak.

Sumber :
Majalah Haji Indonesia 1428 H, Republika - Departemen Agama RI

Tidak ada komentar: