Rabu, September 10, 2008

Haji Mabrur

Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah r.a., yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Muslim, Rasullulah SAW bersabda : " Barang siapa berhaji dan tidak melakukan rafats dan kefasikan maka ia telah kembali dari haji seperti seorang bayi yang baru dilahirkan ibunya ".

Dalam hadist lain yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim bahwa Rasullulah SAW bersabda : " Tidak ada balasan bagi Haji Mabrur kecuali Surga ". Atau dalam bahasa lain tidak ada yang pantas bagi seseorang yang memperoleh Haji Mabrur kecuali Surga.

Keutamaan Haji Mabrur tidak hanya berupa balasan dalam kehidupan akhirat, tetapi juga mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa dalam kehidupan dunia seseorang yang mendapatkannya. "Seorang Haji Mabrur akan mengubah cara hidupnya kepada yang lebih baik dari kehidupannya sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Haji Mabrur artinya haji yang melahirkan kebaikan-kebaikan. Karena itu dalam sebuah hadist riwayat Imam Ahmad, Rasullulah SAW ketika ditanya tentang apa itu Haji Mabrur, Beliau menjawab dengan menyebut beberapa contoh kebaikan yang mestinya lahir dari seorang haji. Rasullulah bersabda bahwa kemabruran itu diantaranya dengan memberi makan kepada yang membutuhkan dan menyebarkan salam kepada siapapun serta dalam riwayat lain disebutkan berkata yang baik dengan cara yang baik.

Para Ulama sepakat bahwa yang dimaksud perubahan ini bukan merupakan hasil yang serta merta pasti didapatkan setelah pulang berhaji. Sikap dan perilaku yang baik atau bahkan lebih baik dari sebelum berhaji merupakan hasil dari usaha yang sangat sungguh-sungguh mulai dari persiapan berangkat haji, selama pelaksanaan haji, sampai kembali dari tanah suci ke tanah air.

Tips :
Segera buat Check List atas hal-hal yang perlu diperbaiki pada diri anda, segera berkonsultasi kepada Ahli Agama (Para Ustadz).

Tidak ada komentar: