Selasa, September 30, 2008

Sejarah Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah salah satu masjid yang dibagun Rasulullah bersama sahabat dan kaum muslimin di pusat kota Madinah pada 662M, awal tahun 1 Hijrah (rasul Hijrah).

Sejarahnya, onta yang ditunggangi Rasulluluah dan sahabat berhenti, mogok tak mau berjalan tepat di depan rumah anak yatim Sahal dan Sahail. Karena itu, Rasulullah berinisiasi membeli tanah tersebut dan membangun masjid di sana, ditambah tanah wakaf As’ad bin Zurarah dan bekas tanah makam kaum muslimim yang rusak. Pada awalnya masjid itu hanya seluas 1.050m2. Kini kira-kira luasnya 98.000m2 dan dapat menampung 167.000 jama’ah atau lebih ditambah sekeliling pelataran masjid. Ada keutamaan shalat di masjid ini ”Satu kali shalat di masjidku ini (Nabawi) lebih utama dari pada 1000 kali shalat di tempat lainnya, kecuali Masjidil Haram (Mekkah). Dan satu kali shalat di Masjidil Haram itu lebih utama dari pada 100 kali shalat di masjidku ini (HR.Ahmad Ibnu Hibban).

Di bagian Masjid Nabawi terlihat kubah yang berwarna hijau (terlihat dari luar masjid) di sanalah lokasi Rasulullah Saw dimakamkan bersama sahabat Abu Bakar Siddiq ra. dan Umar Bin Khatab ra. dan di masjid ini terdapat tempat mustajab untuk berdoa yakni di Raudah.

1 komentar:

SINAR MENTARI mengatakan...

bismillah> maaf antum salah ngutip tarjamah hadits ttg keutamaan shalat di masjidilharam> YANG BETUL BAHWA: SHALAT DI MASJIDILHARAM LEBIH UTAMA DARI PADA 100.000 KALI SHALAT DI MASJID SELAINNYA"